4 Manfaat Sinar Matahari Untuk Kesehatan

Untuk hidup sehat itu sebenarnya mudah. Dalam hal ini, anda bisa memanfaatkan sinar matahari yang setiap harinya selalu muncul di siang hari. Lalu apa saja manfaat sinar matahari untuk kesehatan? Oleh karena itu, dalam kesempatan kali ini akan memberikan informasi tentang 4 manfaat sinar matahari untuk kesehatan sebagai berikut :

  1. Penawar Infeksi dan Pembunuh Bakteri

Manfaat sinar matahari yang pertama adalah mampu membunuh bakteri penyakit, virus, dan juga jamur. Bahkan, pada perawatan TBC, erysipelas, keracunan darah, peritonisis, pneumonia, mumps, dan asma, terapi sinar ultra violet pagi hari ini sangat dibutuhkan. Selain itu, ada beberapa dari virus penyebar kanker bisa dimusnahkan oleh sinar matahari ini. Infeksi jamur, termasuk candida, juga bakteri di udara bereaksi dan bisa dibinasakan oleh sinar matahari ini.

  1. Bisa Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Pada saat kulit anda terpapar sinar matahari pagi, akan terjadi penambahan sel darah putih, terutama limfosit yang berfungsi untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Sehingga secara tidak langsung antibodi pun akan meningkat. Dan kondisi seperti ini akan bertahan hingga 3 minggu kedepan. Bahkan menurut peneltian, untuk mendapatkan manfaat sinar matahari pagi ini dengan berjemur selama kurang lebih 10 menit. Lakukan cara ini hingga dua kali dalam seminggu sehingga bisa mengurangi risiko terkena flu hingga 30-40%. 

  1. Membentuk dan Memperbaiki Tulang

Selain mengandung vitamin D, sinar matahari juga bisa menyehatkan tulang. Hal ini dikarenakan dengan semakin meningkatnya vitamin D dalam tubuh karena paparan sinar matahari bisa meningkatkan penyerapan kalsium di dalam tubuh anda. Sehingga kondisi ini bisa menjadi cara dalam pembentukan serta perbaikan tulang dan mencegah penyakit seperti osteonalacia dan rakhitis. 

  1. Bisa Meningkatkan Sirkulasi Darah

Perlu diketahui bahwa sinar ultra violet ini bisa meningkatkan sirkulasi darah dengan melebarkan pembuluh darah di kulit. Dengan demikian, nutrisi dan oksigen lebih bnayak dibawa menuju sel-sel saat pembuluh darah kapiler terbuka sehingga kesehatan anda menjadi lebih baik. Bukan hanya itu, jantung anda pun akan menjadi lebih sehat dengan menurunkan denyut nadi saat beristirahat dan mengurangi tekanan darah.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *